JSAN REGIO 3 HELAT BAKSOS DI SEKOLAH ALAM PRASASTI

 


Kampung Kali Piket, 15 Agustus 2022. Mentari bersinar. Cuaca terang. Siswa sekolah Alam Prasasti baru saja selesai shalat dhuha. Dilanjut dengan bersih-bersih lingkungan sekolah. Tak berapa lama, ertiga perak meluruk masuk. Keluar Bu Ratna Dewi, Pak Panji dan Pak Fahmi serta beberapa siswa dari SD Islam Ar Rasyid.


Dari ruangan musik etnomologis, lantunan gending bertalu merdu. Anak-anak siswa sekolah Alam Prasasti bergairah menghibur tamu. Menambah syahdu suasana. Bersama angin dari pohon sukun dan sawah serta gemericik air.



Selang beberapa saat, rombongan lain datang. Pak Andri bersama Bu Tik dari Sekolah Alam Tangerang. Bu Ari Okta dari Sekolah Citra Alam, Bu Rahmi dan Bu Eva dari Sekolah Alam Naufal & Zahra, Pak Asep dan Bu Munifah dari MI Athoibah, Pak Uci dan Istri dari Sekolah Alam Kebun Tumbuh.


Bersama Mereka hadir juga siswa-siswanya.


Tepat di Hari Jadi Kab Bekasi ke 72. Jaringan Sekolah Alam Nusantara (JSAN) Regio 3 helat Bakti Sosial ke Sekolah Alam Prasasti. Sejumlah Sekolah Alam di wilayah Regio 3 turut serta. Diantaranya Sekolah Alam Tangerang, Sekolah Naufal & Zahra, Sekolah Citra Alam, SD Islam Ar Rasyid, MI Atthoibah, Sekolah Alam Kebun Tumbuh dan Tahfidzpreneur. “Kami hadir ke sini untuk melaksanakan silaturahmi dan Amanah. Dua hal yang sangat penting dan di akherat, dua hal ini menjadi kunci keberhasilan kita melewati shirootolmustaqim...” kata Pak Andri Fajriyah, Ketua Regio 3. Pak Andri yang datang bersama Bu Tik, Sekolah Alam Tangerang.


Dalam kesempatan itu, JSAN Regio 3 menyerahkan bantuan sebesar Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) plus alat-alat kebersihan. Hadiah spesial diberikan Bu Rahmi dari Sekolah Alam Naufal & Zahra yakni berupa Gym ball. Alat therapy untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Bu Rahmi memang sudah beberapa memberikan konsultasi atas pembelajaran di Sekolah Alam Prasasti.


Rombongan Regio 3, mengawali agenda dengan shalat Zhuhur berjamaah. Diimami Pak Andri.


Selepas shalat, makan siang dengan kuliner khas Kampung Bekasi. Sayur asem, ikan asin, goreng jengkol, tempe goreng, Bandeng goreng, ayam goreng dan sambel.


Usai makan siang dengan bahagia, rombongan keliling melihat masjid yang sedang dibangun. Kemudian melihat peternakan Cacing, Kebun Ketahanan Pangan Santri dan diakhiri dengan belajar main musik tradisionil.


Bunda Mariyah Ulfah, Ketua Yayasan Bangun Peradaban Mulia, dimana Sekolah Alam Prasasti bernaung menyambut baik dan mengapresiasi setinggi-tinggi kehadiran para tokoh Sekolah Alam diRegio 3. √Ąlhamdulillah, saya senang dan bahagia...merasa tersanjung dengan kehadiran para senior, para guru-guru kami, para orang tua kami.....tentu ini sangat berharga. Menjadi bahan bakar untuk terus merawat dan menumbuh kembangkan Sekolah Alam Prasasti....” katanya dengan tersenyum.


Inilah Sekolah Alam. Model pendidikan yang digagas alm. Bang Lendo Novo. Terus berlanjut. Berkembang dan terus berkibar. Fondasi dasar berupa persaudaraan dan berbagi, kuat tertanam di hati para penerusnya. Bahwa sekolah merupakan sektor yang berorientasi dunia dan akherat.


Berbagi ilmu dan pemikiran sekolah alam yang dulu dilakukan Bang Lendo. Secara gratis. Kini dilanjutkan para penerusnya. Sekolah Alam Prasasti merasakan manfaat ini. Belajar dari banyak guru-guru hebat. Yang siap berbagi. Kapanpun. InsyaAllah, semua akan menjadi ilmu yang bermanfaat yang menjadi amal jariyah. [kim]

Komentar